Mencari Ide Bisnis Modal Kecil? Ini 5 Opsi Menariknya!


Siapa tak ingin menjadi pebisnis? Potensi keuntungan yang besar dan pengelolaan yang mudah ketika sudah matang cukup menggoda banyak orang. Tapi tentu saja, untuk memulai bisnis pertama Anda, Anda tak perlu langsung mencari bisnis dengan modal besar. Cukup manfaatkan beberapa ide bisnis modal kecil yang bisa dilakukan secara langsung di rumah.

Tapi apakah benar di era modern seperti sekarang ini masih ada bisnis modal kecil yang menjanjikan?

Jangan salah, justru bisnis dengan modal kecil ini memiliki dinamika yang luar biasa menantang, dilihat dari sisi potensi dan resikonya. Bisnis model seperti ini akan jadi tempat belajar yang sangat pas untuk mengasah skill, intuisi, dan penyelesaian masalah.

Tanpa banyak pengantar lagi, mari lihat ide bisnis modal kecil yang bisa dilakukan secara online di rumah.

Tidak Mungkin Lewat, Dropshipper

Mungkin Anda sendiri sudah melihat kosa kata ini demikian sering selama beberapa waktu belakangan. Bukan karena overrated atau apa, namun bisnis dropshipping memang demikian menggiurkan. Bisa dilakukan di rumah dengan modal yang sangat kecil.

Sistemnya sederhana, Anda memasarkan produk yang berasal dari supplier, dengan brand Anda sendiri, dan pada pasar Anda sendiri. Anda sama sekali tak butuh area penyimpanan, karena semua urusan pergudangan dilakukan di supplier, sehingga Anda hanya bertugas memasarkan, dan meneruskan permintaan ke supplier dari pelanggan.

Memang terkesan sebagai perantara, namun uniknya Anda bisa memberikan brand sendiri pada produk yang Anda pasarkan. Jadi Anda bisa berkreasi untuk mengolah bisnis modal kecil yang satu ini agar menjadi bisnis dengan citra yang Anda inginkan.

Aktif Di Dunia Digital

Well pada dasarnya hampir semua yang ada di dunia digital sekarang ini bisa dijadikan bisnis. Anda memiliki kemampuan menulis atau presentasi? Anda bisa melirik kesempatan bisnis rintisan sebagai blogger yang bisa dilakukan hampir dimana saja.

Mengelola blog Anda sendiri bisa jadi sumber pemasukan yang lumayan ketika Anda yakin dengan kemampuan presentasi dan menulis. Semakin banyak pengunjung yang datang, maka semakin banyak pula pengiklan yang akan masuk.

Memang tidak serta merta blog menjadi populer dan besar, namun jika dilakukan secara konsisten, blogger bisa jadi bisnis tanpa ‘modal’ yang menjanjikan. Ingat, syaratnya adalah konsistensi dan terus berkembang, serta terus mengasah kemampuan menulis dan tampilan blog agar makin menarik.

Produk dengan Sistem Pre-Order

Ide ketiga adalah beragam bisnis dengan modal pre-order. Yap, bisnis ini masuk kategori bisnis dengan modal kecil karena modal secara langsung akan didapatkan melalui pelanggan yang memesan produk Anda.

Sistemnya sederhana, Anda menawarkan barang yang bisa didapatkan melalui sistem pemesanan. Pelanggan diharuskan membayar biaya pemesanan, dalam hal ini adalah modal yang diperlukan untuk produksi, dan kemudian Anda menggunakan modal ini untuk memproduksi barang.

Setelah masa produksi selesai, Anda tinggal mengirimkan produk ini langsung ke setiap pelanggan. Setelah diterima pelanggan akan mengirimkan sisa pembayaran yang belum diselesaikan sebagai tanda bahwa transaksi sudah berjalan dengan lancar.

Well, Anda akan butuh sistem pengelolaan pembayaran yang kredibel untuk mendukung bisnis seperti ini sehingga Anda dan pelanggan sama-sama merasa nyaman.

Menjual Konten

Bisnis modal kecil yang dimaksud dalam artikel ini bisa diartikan modal secara dana. Anda bisa berjualan konten untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah, dengan modal kemampuan yang Anda miliki dalam memproduksi konten.

Mulai dari konten berupa artikel, copy, desain grafis, foto, hingga video dan animasi, semua memiliki permintaan yang besar di era digital seperti sekaran ini. Buat konten dengan kualitas dan harga yang sesuai, dan tawarkan konten ini di platform yang tepat.

Dalam waktu singkat Anda akan menemukan klien yang bisa menggunakan jasa Anda dalam memproduksi konten. Tinggal selanjutnya hubungan ini dikelola agar bisa jadi kerjasama jangka panjang.

Bisnis Modal Kecil Lainnya, Penerjemah

Jika Anda memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni, bisnis sebagai penerjemah bisa jadi opsi yang menarik. Tak main-main, bisnis ini biasanya memiliki segmen pasar pengusaha yang perlu melakukan kerjasama internasional.

Tentu fee yang diterima cukup besar, tergantung dengan kerjasama yang terjalin. Bisnis modal kecil yang satu ini membutuhkan kemampuan berbahasa yang baik dan teruji, serta konsistensi Anda dalam menjaga kualitas hasil terjemahan yang diberikan.

Di era kekinian, bisnis modal kecil memang banyak dicari sebab makin banyak orang yang ingin menghasilkan uang tanpa harus bekerja dengan orang lain. Tentu saja hal ini tidak salah, karena menjadi seorang pebisnis adalah hak semua orang.

Untuk menunjang sistem pembayaran dari bisnis modal kecil yang Anda miliki dan rencanakan, maka Anda memerlukan sistem yang baik. Tak harus mahal, Anda bisa menggunakan layanan yang diberikan oleh Jokul by DOKU. Layanan pengelolaan pembayaran ini terbukti aman dan efisien dalam melayani berbagai cara pembayaran yang dibutuhkan pelanggan. Mudah, praktis, dan aman, Jokul siap jadi partner Anda dalam mengelola bisnis yang Anda miliki.